EVALUASI UPRATING IPAM WIROLEGI PDAM JEMBER DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS

Authors

  • Ady Setiawan Program Studi Magister Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Wahyono Hadi Program Studi Magister Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v12i2.51

Keywords:

IPAM, Output, Uprating,

Abstract

IPAM Wirolegi mengalami penurunan dalam kuantitas dan kualitas beberapa tahun belakang ini. Penurunan tersebut diakibatkan pada kondisi eksisting produksi air bersih yang di hasilkan oleh IPAM Wirolegi masih belum memenuhi target yang telah direncanakan, dimana kapasitas produksi 22 L/det yang melayani sekitar 2.000 SR. Dari kondisi eksisting IPAM Wirolegi menghasilkan Output dengan kapasitas yang belum maksimal, dari 2x10 lpd hanya mampu memproduksi kurang dari 15 lpd. Penelitian ini bertujuan mengevalusi kondisi IPAM sehingga dapat dilakukan uprating dalam mendapatkan kuantitas dan kualitas produksi air yang optimal sesuai PP No. 82 Tahun 2001. Metode yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif. Dari evaluasi di temukan kendala pada unit koagulasi-flokulasi yang berakibat terjadinya turbulen pada bak sedimentasi sehingga filter tidak mampu bekerja secara maksimal dan kondisi IPAM yang perlu perbaikan. Perlu adanya uprating dan Optimalisasi dari 2x10 lpd menjadi menjadi 2x20 lpd dengan merehap bagian dalam dan penambahan dimensi pada unit koagulasi-flokulasi, sedimentasi dan filtrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhaskoro, R. G., & Ramadhan, T. (2018). Evaluasi Kinerja Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM). Semarang: Universitas Diponegoro.

Juwana, I., Muttil, N., & Perera, B. J. (2016). Application of West Java Water Sustainability Index to Three Water Catchments in West Java, Indonesia. Ecological Indicators, 70: 401-408.

Ramadhan, F., Siami, L., & Winarni. (2019). Optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Minum Solear, PDAM Tirta Kerta Raharja -Kabupaten Tangerang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PEMBANGUNAN WILAYAH DAN KOTA BERKELANJUTAN.

Sarbidi. (2017). Kajian Nonteknis Penerapan Uprating Instalasi Pengolahan Air Pada Sistem Penyediaan Air Minum. Bandung: Badan Litbang Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jlan Cileunyi.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Setiawan, A., & Hadi, W. (2020). EVALUASI UPRATING IPAM WIROLEGI PDAM JEMBER DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 12(2), 34–37. https://doi.org/10.33005/envirotek.v12i2.51