STRATEGI PENGHALANG SINAR MATAHARI OTOMATIS PADA UNIT HUNIAN RUMAH SUSUN DI PENJARINGANSARI SURABAYA

Authors

  • Syaifuddin Zuhri Program Studi Arsitektur, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Karina Firdauzy Program Teknik Informatika, Politeknik Elektroika Negeri Surabaya (PENS)
  • Imam Ghozali Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v12i2.82

Keywords:

Penghalang matahari, Otomatis, Unit Hunian

Abstract

Pemanfaatan potensi alam yang berlimpah seperti sinar matahari, khususnya di Surabaya, merupakan tantangan tersendiri. Poetensi tersebut dapat dimanfaatkan guna pencahayaan alami di dalam bangunan. Salah satu upaya tersebut adalah bagaimana mengupayakan agar potensi sinar matahari tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal dengan pengendalian bukaan ruang yang dapat beradaptasi dengan pergerakan matahari pada siang hari. Penelitian dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif guna mengukur adaptasi bergeraknya perangkat penghalang matahari yang ditempatkan di depan bukaan ruang unit hunian denagn menggunakan panel penghalang sinar matahari yang digerakkan oleh perangkat linear actuator yang dikontrol oleh mikrokontroller Arduino, sedangkan sensor LDR digunakan untuk mendeteksi arah datangnya sinar matahari. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa perangkat panel pembayangan sudah mampu untuk membuka dan menutup sesuai pergerakan sinar matahari dengan kuat pencahayaan alami antara pukul 10.00 sampai pukul 15.00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Nurul Imam, Dedes Nur Gandarum, Khotijah Lahji, (2019), Inovasi Desain Peneduh pada Bangunan Kantor Bertipologi Highrise di Jakarta, Prosiding Seminar Intelektual Muda #2, Peningkatan Kualitas Hidup dan Peradaban Dalam Konteks IPTEKSEN, 5 September 2019 https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/

Rissa Damayanti, Utomo, (2018), Evaluasi Sistem Pencahayaan Alami Pada Ruang Kontrol Utama Iradiator Gamma Merah Putih, Jurnal Prima Volume 15, Nomor 2, Nopember 2018, BATAN.

Snyder, James C. dan Anthony J. Catanese. (1979). Pengantar Arsitektur. Terjemahan Ir. Hendro Sangkayo; Jakarta: Penerbit Erlangga

Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 03-2396- 2001, (2001), Tata Cara Perancangan Sistem Pencahayaan Alami Pada Bangunan Gedung, Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Widji Indahingtyas, Fairuz Nabilah, Annisa Puspita, dan Suci Indah Syafitri, (2015), Orientasi Bangunan Terhadap (Thermal Comfort) Kenyamanan Thermal pada Rumah Susun (Rusun) di Leuwigajah Cimahi, Jurnal Reka Karsa ITENAS.

Zuhri, Syaifuddin, Imam Ghozali & Heru Subiyantoro, (2010), Optimization of Space Utilization in Penjaringansari Flats Surabaya, International Seminar of Research Month: Science and Technology in Publication, Implementation and Commercalization, at UPN Veteran East Java, Surabaya, East Java, Indonesia.

Zulhendri K. & Ridho P. (2013), Pengembangan Sistem Pengukuran Durasi Harian Penyinaran Matahari, dalam Prosiding Semirata Fakultas MIPA Universitas Lampung (UNILA) https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Zuhri, S. ., Firdauzy, K. ., & Ghozali, I. . (2020). STRATEGI PENGHALANG SINAR MATAHARI OTOMATIS PADA UNIT HUNIAN RUMAH SUSUN DI PENJARINGANSARI SURABAYA. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 12(2), 82–89. https://doi.org/10.33005/envirotek.v12i2.82