PENGARUH LIMBAH CAIR TEKSTIL TERHADAP KUALITAS AIR DI SUB SUB DAS SEMIN KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN SUKOHARJO, JAWA TENGAH

Authors

  • Endah Novianti Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Rr. Dina Asrifah Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Ayu Utami Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i2.131

Keywords:

Indeks pencemaran; Limbah cair; Tekstil; Pencemaran; Air sungai; Airtanah

Abstract

Sungai Langsur merupakan bagian dari DAS Semin yang melintas di kawasan industri tekstil di Sukoharjo. Pertumbuhan industri tekstil di Sukoharjo 7,22% dari 2007 hingga 2018 dan sayangnya tidak diikuti dengan pengelolaan limbah cair yang baik. Terdapat indikasi pencemaran air sungai dari parameter kekeruhan, warna dan bau yang buruk serta pencemaran airtanah dari rasa air yang asin. Tujuan penelitian untuk mengetahui sebaran limbah cair serta menganalisis pengaruh limbah cair industri tekstil terhadap kualitas air sungai dan airtanah. Metode pengumpulan data berupa survei, pemetaan, dan uji laboratorium dengan metode sampling menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan indeks pencemaran. Hasil penelitian menunjukkan limbah cair pada air sungai menyebar mengikuti aliran sungai dan sangat mempengaruhi kualitas air menjadi tercemar sedang dan ringan, sedangkan pada airtanah menyebar mengikuti aliran airtanah namun tidak terlalu berpengaruh besar terhadap airtanah yang tercemar ringan. Tingkat pencemaran air sungai dan airtanah menjadi informasi dalam arahan pengelolaan air yang efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, Dyah., Sasongko, Setia Budi., & Sudarno. (2012). Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal. Jurnal Presipitasi Vol. 9, 64-71.

Aller, L., Bennet, T., Petty, R. J., & Hackett, G. (1987). DRASTIC : A Standardized System For Evaliating Groundwater Pollution Potential Using Hydrogeologic Settings. Chicago: Enviromental Protection Agency.

Budiati, Septima Raras., Dewi, Nur Kusuma., & Priadi, Tyas Agung. (2014). Akumulasi Kandungan Logam Berat Chromium (Cr) Pada Ikan Betok (Anabas Testudineus) Yang Terpapar Limbah Cair Tekstil Di Sungai Langsur Sukoharjo. Unnes Journal Of Life Science, 18, 18-23.

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air : Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: PT Kanisius.

Metcalf, & Eddy. (2014). Wastewater Engineering. Mc Graw Hill Education.

Mulyandari, Hestin. (2011). Upaya Pengelolaan Lahan Bangunan Pada Bantaran Sungai Berbasis Lingkungan di Kabupaten Sleman , Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan No. 1 Vol. 13, 31, 31-40.

Sutriarti, A. (2012). Penilaian Tingkat Pencemaran Air Sungai Bengawan Solo Dengan Menggunakan Indeks Kimia-Fisika. Sumber Daya Air , 81-94.

Syahrum, dan Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cita Pustaka Media.

Todd , D. K. (2005). Groundwater Hydrology Third Edition. America: John Wiley & Sons, Inc.

Widyastuti, M., Notosiswoyo, S., & Anggayana, K. (2006). Pengembangan Metode Drastic Untuk Prediksi Kerentanan Airtanah Bebas Terhadap Pencemaran Di Sleman. Geografi Indonesia, 32-51.

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Novianti, E. ., Asrifah, R. D. ., & Utami, A. . (2021). PENGARUH LIMBAH CAIR TEKSTIL TERHADAP KUALITAS AIR DI SUB SUB DAS SEMIN KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN SUKOHARJO, JAWA TENGAH. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(2), 61–69. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i2.131