KAJIAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL PADA SUMBU, SIMETRI, DAN HIRARKI BANGUNAN AULA BARAT ITB

Authors

  • Titieandy Lie Dosen Program Studi Arsitektur, Institut Teknologi Indonesia, Jl. Raya Puspiptek Serpong, Banten

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.136

Keywords:

Arsitektur kontekstual, Hirarki, Identitas lingkungan, Sumbu, simetri

Abstract

Perancangan bangunan-bangunan baru di kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) memunculkan bentuk bangunan-bangunan yang beragam dan cenderung non-kontekstual, tidak selaras dengan bangunan lama atau bangunan konservasi sebagai eksisting. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan langkah-langkah meliputi: (1) mengungkap konsep awal perancangan kampus ITB (2) mendeskripsikan nilai-nilai arsitektur bangunan Aula Barat ITB (3) melakukan kajian pada sumbu, simetri, dan hirarki bangunan Aula Barat ITB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar perancangan arsitektur kontekstual melalui sumbu, simetri, dan hirarki pada bangunan Aula Barat ITB, yang menjadi acuan terhadap perencanaan dan perancangan bangunan-bangunan baru disekitarnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hudrita, Reza Primawan (2011), Campus Center ITB: Mencoba Berdialog dengan Bangunan dan Mahasiswa.

Suryono, Alwin (2013), Pelestarian Arsitektur Peninggalan Kolonial Belanda Gedung Aula Barat Institut Teknologi Bandung.

Brolin C, Brent (1980), Architecture In Context : Fitting New Buildings with Old, Van Nostrand Reinhold, New York.

Evensen, Thomas Thiis (1987), Archetypes in Architecture, Norwegian University Press, New York.

Ray, Keith (1980), Contextual Architecture : Responding to Existing Style, McGraw-Hill, New York.

Ronald, A. (2006), Nilai-Nilai Arsitektur Rumah Tradisional Jawa. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Sumalyo, Yulianto (1993), Arsitektur Kolonial Belanda di Indonesia. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Anindito, Ario. Keberhasilan Perpaduan Gaya Arsitektur Pada Aula Timur Institut Teknologi Bandung. Bandung : UNPAR. 2006.

Chandra, Rivani. Pengaruh Spirit Lokal Pada Arsitektur Gedung Sate (Governement Bedrijven) dan Aula Barat ITB (Kompleks Technishche Hoogeschool) Di Bandung. Bandung : UNPAR. 2012.

Haryanto, Melinda. Konservasi Bentuk, Fungsi, dan Tampilan Arsitektural Pada Aula Barat Institut Teknologi Bandung. Bandung : UNPAR. 2011.

Kusumadiashty, Kirana Ayu. Kontekstualisme Dalam Penambahan Bangunan Kolonial Belanda Di Bandung. Bandung : UNPAR. 2009.

Perdana, Rimba Patria. Gagasan-Gagasan Arsitektur Posmodern Pada Rancangan Aula Barat Institut Teknologi Bandung. Bandung : UNPAR. 2011.

Suryono, Alwin. Disertasi: Aspek Bentuk dan Fungsi Dalam Pelestarian Arsitektur Bangunan Peninggalan Kolonial Belanda Era Politik Etis Di Kota Bandung. Bandung : UNPAR. 2015.

Virgianto, Indra. Desain Arsitektur Kontekstual Pada Bangunan Konservasi. Bandung : UNPAR. 2006.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Lie, T. . (2021). KAJIAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL PADA SUMBU, SIMETRI, DAN HIRARKI BANGUNAN AULA BARAT ITB. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(1), 88–95. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.136