PERBANDINGAN RANGKA JEMBATAN TIPE WARREN DAN TIPE PRATT PADA JEMBATAN BRANTAS

Authors

  • Adi Nugroho Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sumaidi Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i2.143

Keywords:

Defleksi, Jembatan, Rangka Pratt, Rangka Warren

Abstract

Jembatan merupakan fasilitas penghubung suatu wilayah yang berfungsi untuk fasilitas penunjang ekonomi wilayah tersebut. Jembatan memiliki fungsi krusial disuatu wilayah untuk melakukan aktifitas dan pekerjaan sehari-hari seperti, perdagangan, sosial, politik & lain sebagainya. Di Jawa Timur, tipe rangka yang digunakan banyak menggunakan rangka tipe Warren, sehingga diperlukan perbandingan analisis dengan tipe jembatan lain untuk menentukan tipe jembatan yang paling efisien. Pada analisis ini dipakai jembatan tipe Pratt. Analisis ini bertujuan untuk membandingkan rasio kekuatan terhadap berat struktur total. Dari output analisis didapat dalam Jembatan tipe Warren rasio kekuatan terhadap berat struktur adalah 3,417 sedangkan jembatan tipe Pratt mempunyai rasio kekuatan terhadap berat struktur adalah 3,358. Besar defleksi yang terjadi pada struktur rangka Warren adalah sebesar -0.0528 lebih kecil daripada jembatan tipe Pratt yaitu -0.0571. Berat dari struktur jembatan tipe Warren memiliki berat sebesar 18042,4 kg, sedangkan jembatan tipe Pratt sebesar 19023 kg. Berdasarkan hasil analisis yang didapat, maka ditunjukkan bahwa rasio kekuatan dan berat struktur jembatan tipe Warren adalah 3,417 dan tipe Pratt sebesar 3,358.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BMS. (1992). Bridge Management System. Jakarta: Dirjen Bina Marga DPU RI.

Manu, A. I. (1995). Dasar-Dasar Perencanaan Jembatan Beton Bertulang. Jakarta: PT Mediatama Saptakarya.

PPJJR. (1987). Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU.

Setiawan, A. (2008). Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD (Sesuai SNI 03-1729-2002). Jakarta: Penerbit Erlangga.

SNI 1726:2019. (2019). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

SNI 1727:2013. (2013). Beban Minimum untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Supriyadi, B. (2007). Jembatan. Yogyakarta: Beta Offset.

T-02-2005, R. (2005). Standar Pembebanan untuk Jembatan. Jakarta: Balitbang Departemen Pekerjaan Umum.

Tonias, D. (1994). Bridge Engineering : Design, Rehabilitation, and Maintenance of Modern Highway Bridge. McGraw-Hill, Inc.

Veen, V. D. (1995). Jembatan. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Nugroho, A. ., & Sumaidi. (2021). PERBANDINGAN RANGKA JEMBATAN TIPE WARREN DAN TIPE PRATT PADA JEMBATAN BRANTAS. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(2), 70–75. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i2.143