EFISIENSI METODE DEEP FLOW TECHNIQUE UNTUK MENURUNKAN BOD, COD DAN TSS PADA LIMBAH CAIR DOMESTIK MENGGUNAKAN TUMBUHAN KAYU APU DAN KANGKUNG AIR

Authors

  • Okik Hendriyanto Cahyonugroho Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Raka Rulistyanto Prakoso Putra Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.114

Keywords:

kayu apu, kangkung air, limbah cair domestik, sistem hidroponik.

Abstract

Di indonesia, terdapat berbagai pencemar lingkungan, salah satunya berasal dari aktifitas rumah tangga. Maka dari itu, muncul berbagai ide dalam penanganan lingkungan yang tercemar. Salah satunya menggunakan metode fitoremediasi. Dalam penelitian ini menggunakan tumbuhan kayu apu (Pistia stratiotest L) dan kangkung air (Ipomea aquatica) yang ditanam menggunakan sistem hidroponik. Dalam hidroponik terdapat dua sistem, yaitu sistem DFT (Deep Flow Technique) dan NFT (Nutrient Film Technique). Pada penelitian ini menggunakan dua macam sistem, dengan penambahan aerasi dan tanpa aerasi, dengan variasi jarak antar tumbuhan 5cm, 10cm dan 15cm dan menggunakan dua jenis tumbuhan, yaitu kangkung air dan kayu apu. Lama penelitian yang dilakukan 15 hari, 7 hari pertama aklimatisasi dan 8 hari terakhir penelitian utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan paling optimal terdapat pada tumbuhan kayu apu dengan jarak antar tumbuhan 5cm, dengan penambahan aerasi dan menggunakan sistem DFT mencapai BOD 58,41%, COD 32,36% dan TSS 62%.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astrini Widiyantia, H. S. A., Nana Mulyana Arifjayac "Implementasi Bioretensi Untuk Pengairan Tanaman Hidroponik Di Griya Katulampa." Natural Resources and Environmental Management.

Edi, S. (2014). "Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kangkung Darat (Ipomeareptans Poir)." Vol 3.

Elida Novita1)*, A. A. G. H., Sri Wahyuningsih1) ((2019)). "Komparasi Proses Fitoremediasi Limbah Cair Pembuatan Tempe Menggunakan Tiga Jenis Tanaman Air." Agroteknologi Vol. 13.

Hefni Effendi1)*, B. A. U., Giri Maruto Darmawangsa2), Rebo Elfida Karo-Karo3) (2015). "Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) Dengan Kangkung (Ipomoea aquatica) dan Pakcoy (Brassica rapa chinensis) dalam Sistem Resirkulasi." Ecolab Vol. 9.

KUMALASARI, N. (2005). "Penurunan Konsentrasi BOD, COD, TSS dan Cn Limbah Cair Tapioka dengan Constructed Wetlands Menggunakan Tanaman Kangkung Air ) , ( Ipomoae Aquatica)."

Lutfiana Sari Indah, B. H., Prijadi Soedarsono1 (2014). "Kemampuan Eceng Gondok (Eichhornia sp.), Kangkung Air (Ipomea sp.), dan Kayu Apu (Pistia sp.) dalam Menurunkan Bahan Organik Limbah Industri Tahu (Skala Laboratorium)." 3.

Rahan Rahadian*), E. S., Sri Sumiyati**) ((2017)). "Efisiensi Penurunan COD dan TSS Dengan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Kayu Apu (Pistia stratiotes l.) Studi Kasus: Limbah Laundry." Teknik Lingkungan, Vol. 6,.

Syafrudin, C. W. B. Z. "Pengaruh Waktu Tinggal Dan Jumlah Kayu Apu (Pistia stratiotes L.) Terhadap Penurunan Konsentrasi BOD, COD dan Warna."

Wirawan, e. a. "Pengolahan Limbah Cair Domestik Menggunakantanaman Kayu Apu (PISTIA STRATIOTES L.) Dengan Teknik Tanam Hidroponik Sistem Dft (DEEPFLOWTECHNIQUE)." Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Karnaningroem, W. U. d. N. "Aerasi dan Biorack Wetland sebagai Pengolah Limbah Laundry."

M. Fachrurozi, L. B. U., Dyah Suryani "Pengaruh Variasi Biomassa Pistia stratiotes L. Terhadap Penurunan Kadar BOD, COD, dan TSS Limbah Cair Tahu Di Dusun Klero Sleman Yogyakarta."

Maria Yustiningsih, Y. G. N., Agustina Berek (Januari 2019). "Deep Flow Technique (DFT) Hidroponik Menggunakan Media Nutrisi Limbah Cair Tahu Dan Kayu Apu (PISTIA STRATIOTES L) Untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman." Biologi and Pendidikan Biologi 3.

Tangahu, D. G. R. d. B. V. o. j. a. (2017). "Fitoremediasi Air yang Tercemar Limbah Laundry dengan Menggunakan Kayu apu." TEKNIK ITS 6.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Hendriyanto Cahyonugroho, O. ., & Prakoso Putra, R. R. . (2021). EFISIENSI METODE DEEP FLOW TECHNIQUE UNTUK MENURUNKAN BOD, COD DAN TSS PADA LIMBAH CAIR DOMESTIK MENGGUNAKAN TUMBUHAN KAYU APU DAN KANGKUNG AIR. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(1), 37–43. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.114