STUDI KELAYAKAN DAN ANALISIS RISIKO PENERAPAN SISTEM PENYEDIAAN AIR SIAP MINUM PDAM KOTA SURABAYA DI APARTEMEN

Authors

  • Adhi Yuniarto Departemen Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Annas Taufan Departemen Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.132

Keywords:

Air Siap Minum, Analisis Risiko, Apartemen, Sistem Penyediaan Air Siap Minum, Studi Kelayakan.

Abstract

Kota Surabaya sebagai pusat pemerintahan dan bisnis di Jawa Timur telah menjadikan Kota Surabaya mengalami pesatnya pertumbuhan properti di segala jenis termasuk pertumbuhan apartemen. Tingginya pertumbuhan unit apartemen di Surabaya baik sudah terbangun, sedang atau direncanakan pembangunannya akan selaras dengan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat di Kota Surabaya. Hal ini akan diiringi oleh peningkatan kebutuhan air minum di apartemen itu sendiri. Harga pembelian air PDAM khusus apartemen yang lebih mahal dari tarif rumah tapak juga membebani penghuni apartemen. Oleh karena itu diperlukan inisiatif dan upaya untuk memenuhi kebutuhan air yang telah siap minum untuk apartemen. Penelitian ini akan menganalisis kelayakan teknis, finansial serta analisis risiko terhadap penerapan aplikasi sistem penyediaan air siap minum di apartemen sehingga dapat menjadi bahan acuan atau bahan kajian akademik selanjutnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penerapan sistem penyediaan air siap minum di apartemen dinyatakan layak secara teknis dan finansial. Mitigasi risiko terkait penerapan sistem penyediaan air siap minum di apartemen dilakukan dengan mengalokasikan risiko kepada pihak yang relatif mampu mengelolanya atau disebabkan memiliki biaya terendah untuk menyerap risiko tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksa, M.A. 2019. Studi Kelayakan Sistem Penyediaan Air Siap Minum Di Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya. Jurnal Teknik Lingkungan. ITS. Surabaya. http://digilib.its.ac.id

Arfianto, E. 2019. Surabaya Property Market Report H2 2019. Jakarta: Colliers International.

Darmawi, H. 2010. Manajemen Risiko. Jakarta: Bumi Aksara.

Geraldin, L. H., Pujawan, I. N., dan Dewi, D. S. 2007. Manajemen Risiko Dan Aksi Mitigasi Untuk Menciptakan Rantai Pasok Yang Robust. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Teknik Sipil.

Hidayat, A.F., Baskara, Z.W., Werdiningsih, W., Dan Sulastri, Y. 2018. Analisa Kelayakan Finansial Usaha Agroindustri Abon Ikan di Tanjung Karang Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem Vol.6 No.1.

Rumondor, P. P., Porotu’o, J., dan Waworuntu, O. 2014. Identifikasi Bakteri Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Kota Manado. Jurnal e- Biomedik (eBM) Vol. 2 No. 2.

Simamora, Y., dan Kurniati, N. 2016. Analisis Risiko Pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT. Ajinomoto Berdasarkan Konsep Manajemen Risiko Lingkungan. Surabaya: Teknik Industri ITS.

Widayat, W., dan Yudo, S. 2002. Pengolahan Air Payau Menggunakan Teknologi Osmosa Balik. Jurnal Teknologi Lingkungan Vol. 3 No. 1 Hal 69-81.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Yuniarto, A. ., & Taufan, A. . (2021). STUDI KELAYAKAN DAN ANALISIS RISIKO PENERAPAN SISTEM PENYEDIAAN AIR SIAP MINUM PDAM KOTA SURABAYA DI APARTEMEN. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(1), 78–87. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.132