PENURUNAN MANGAN DENGAN APLIKASI FILTER DAN KARBON AKTIF

Authors

  • Zelna Ratna N.N. Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yayok Suryo Purnomo Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v11i2.6

Keywords:

Filtrasi , Zeolit Alam, Zeolit Alam Teraktivasi, Manganese Greensand, Mn.

Abstract

Filtrasi adalah proses pengolahan air secara fisik untuk menghilangkan partikel padat dalam air dengan melewatkan air tersebut melalui material berpori dengan diameter butiran dan ketebalan tertentu. Penelitian ini digunakan untuk mengolah air sumur yang mengandung logam Mn menggunakan metode filtrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai efisiensi tertinggi dari media filter zeolit alam, zeolit alam teraktivasi fisika dan manganese greensand yang dikombinasi dengan karbon aktif agar didapatkan efektivitas penurunan kadar Mn serta mengkaji perbedaan ketiganya melalui variasi debit dan ketebalan media. Variabel penelitian berupa : 1) Debit (Q) : 0.5, 0.7, 0.9, 1.1, 1.3 liter/menit. 2) Ketebalan Media (cm) : 30, 40, 50, 60, 70 cm yang dikombinasi dengan karbon aktif dengan ketebalan 20 cm. Hasil persentase efisiensi penurunan Mn paling efektif pada penelitian ini adalah penurunan kadar Mn menggunakan kombinasi media filter manganese greensand – KA yaitu sebesar 80%. Dan persentase efisiensi penurunan kadar Mn paling rendah pada kombinasi media filter  zeolit alam – KA yaitu sebesar 24%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, R. 2004. Kimia Lingkungan. Edisi 1. Yogyakarta. Andi Offset. hlm. 15-16.

Agustiningtyas, Z., 2012, Optimasi Adsorpsi Ion Pb(II) Mengunakan Zeolit Alam Termodifikasi Ditizon, Departemen Kimia, FMIPA IPB, Bogor.

Breck, D.W. 1974. Zeolite Molecular Sieves. John Willey Interscience : New York.

Departemen Kesehatan RI. 1990. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor : 416/MEN.KES/PER/IX/1990 Tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air. Jakarta.

Effendi. H. 2003. Telaah Kualitas Air, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Fauziah, Adelina. 2010. Efektivitas Saringan Pasir Cepat Dalam Menurunkan Kadar Mangan (Mn) Pada Air Sumur Dengan Penambahan Kalium Permanganat (KMnO4) 1%. Skripsi FKM USU : Medan.

Huisman, L. and W. E. Wood. 1974. Slow Sand Filtration : Genewa World Health Organization.

Lefond, S. J., 1983, Industrial minerals and rocks (Nonmetallic other than fuels), fifth 5 th edition, Vol. 2, AIME. Inc, New York.

Oesman, Nastiti Maharani dan Sugito. 2017. Penurunan Logam Besi dan Mangan Menggunakan Filtrasi Media Zeolit dan Manganese Greendsand. Surabaya : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas PGRI Adi Buana.

Rahmawati A. 2009. Efisiensi Filter Pasir-Zeolit dan Filter Pasir-Arang Tempurung Kelapa dalam Rangkaian Unit Pengolahan untuk Mengurangi Kandungan Mangan dalam Air. Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Razif, M., 1986.”Diktat Bangunan Pengolahan Air Minum” Jilid 2, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Reynold, T.D. and Richards, P.A. 1996. Unit Operations and Processes in Environmental Engineering. PWS Publishing Company : New York.

Said, N.I. 2005. Metode Penghilangan Zat Besi dan Mangan di dalam Penyediaan Air Minum Domestik. Jurnal Air Indonesia (JAI).

Sutarti, M. dan M. Rachmawati. 1994. Zeolit : Tinjauan Literatur. Jakarta : Pusat dokumentasi dan dan Informasi LIPI.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Ratna N.N., Z. ., & Suryo Purnomo, Y. . (2019). PENURUNAN MANGAN DENGAN APLIKASI FILTER DAN KARBON AKTIF. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.33005/envirotek.v11i2.6