PENGARUH JENIS KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI NITROGEN DIOKSIDA (NO2) DI SEKITAR BUNDARAN DOLOG

Authors

  • Euis Nurul Hidayah Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Agus Ainur Rosyid Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Farida Pulansari Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.107

Keywords:

Nitrogen dioksida, Volume kendaraan, Suhu

Abstract

Karakteristik Bundaran Dolog yang dikelilingi oleh jalan, mengakibatkan kerentanan terjadi penumpukan kendaraan bermotor pada jam-jam tertentu. Emisi Nitrogen Dioksida (NO2) dari kendaraan bermotor tersebut menyebabkan risiko pajanan polutan terhadap masyarakat yang bermukim di Bundaran Dolog, yaitu memberi efek negatif pada kesehatan manusia, berupa gangguan pernapasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume kendaraan di Bundaran Dolog terhadap konsentrasi NO2, yang merupakan polutan dari emisi bergerak/kendaraan bermotor di jalan raya. Lokasi penelitian berada pada Bundaran Dolog yang terdiri dari area Taman Pelangi dan permukiman Jemur Gayungan, dengan total 8 titik pengambilan sampel yang dilakukan selama 6 hari. Penelitian mengukur volume kendaraan bermotor yang diklasifikasikan menjadi jenis ringan (LV), berat (HV), dan sepeda motor (MC), serta mengukur suhu dan kecepatan angin. Hasil penelitian menujukkan rata-rata konsentrasi NO2 30,92 ug/m3, suhu 30,2℃  di area Taman Pelangi, serta konsentrasi NO2 41,07 ug/m3, suhu 30,7℃ di area permukiman Jemur Gayungan. Pemodelan regresi linier berganda menunjukkan nilai 0,739 yang memiliki arti bahwa terdapat hubungan yang kuat secara simultan antara volume tiga jenis kendaraan LV, HV, dan MC, serta variebel suhu dan kecepatan angin terhadap kenaikan konsentrasi polutan NO2. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agifrilicia, Farraditta. 2009. Analisis Hubungan Jumlah Antrian Kendaraan Bermotor terhadap Konsentrasi Gas CO pada Salah Satu Lengan Persimpangan Jalan Setiabudi Kota Semarang. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Teknik Lingkungan UNDIP: Semarang.

Akhadi, M., (2014), Isu Lingkungan Hidup, Mewaspadai Dampak Kemajuan Teknologi dan Polusi Lingkungan Global yang Mengancam Kehidupan, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Arthur C. Stern, Boubel, Turner, Pox, 1984, Fundamental Of Air Pollution, Academic Press., Inc.

Benson, JF dan Roe, MH. 2000. Landscape and Sustainability. London : Spon Press.

Budiman, B. 2010. Kajian Lingkungan Keberadaan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Banjaran Kabupaten Tegal. Tesis Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang.

Constantya, Q., 2017. Studi pola konsentrasi kualitas udara ambien kota Surabaya (parameter: NO, NO2, dan O3. Tugas Akhir, Departemen Teknik lingkungan, ITS.

Canova C, Torresan S, Simonato L, et al. 2010. Carbon monoxide pollution is associated with decreased lung function in asthmatic adults. Eur Respir J 35(2):266-272.

Hickman, A, J, 1999, Methodology For Calculating Transport Emissions and Energy Consumption, Transport Research Laboratory, (http://inrets.fr/ur/lte/cost 8 319/M22.pdf), diakses pada tanggal 21 Oktober 2013

Tarigan, H., Dharma, S., Hasan,W., 2014. Analisis Kadar Nitrogen Dioksida Dan Particulate Matter 10 (PM10) Udara Ambien Dan Keluhan Kesehatan Pada Pedagang Kaki Lima Di Sepanjang Jalan Raya Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal Tahun 2014. Universitas Sumatra Utara, Medan.

Sheel V, Lal S, Richter A, Burrows JP. 2010. Comparison of satellite observed tropheric NO2 over India with model simulations. Atmos Environ. 44(27):3314-3321.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Nurul Hidayah, E. ., Agus Ainur Rosyid, M. ., & Pulansari, . F. . (2021). PENGARUH JENIS KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI NITROGEN DIOKSIDA (NO2) DI SEKITAR BUNDARAN DOLOG. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(1), 73–77. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.107